Sumber: pinterest.com

 

Processor atau CPU termasuk komponen paling penting pada sebuah laptop gaming atau PC. Pasalnya, processor memiliki peran sebagai ‘otak’ dari PC itu sendiri serta berpengaruh terhadap kinerja game. Jika prosesor tidak ada, maka suatu sistem tidak akan bekerja sama sekali. Karena perannya yang sangat penting dalam sebuah PC, memilih prosesor tidak boleh sembarangan. Bisa dibilang memilih processor yang tepat buat laptop atau PC gaming merupakan perkara yang sulit. Bagaimana tidak, di pasaran banyak berbagai processor dengan tipe dan merk yang berbeda-beda sehingga membuat kita jadi bingung ketika ingin membeli laptop atau PC gaming dengan processor yang mumpuni.

 

Nah, bagi yang sedang mencari laptop atau PC gaming dengan processor yang mumpuni dan tepat, lebih baik simak dulu ulasan tentang tips memilih processor buat kebutuhan gaming yang tepat dibawah ini.

 

  1. Merk Prosesor

Sumber: pinterest.com

 

Terdapat dua merk processor dipasaran yang dapat kamu pilih, mulai dari AMD dan Intel. Dua produsen ini memang mendominasi prosesor di dunia serta memiliki kualitas yang begitu baik. Tapi, kamu harus memilih salah satunya untuk gaming. Dua merk processor ini menghadirkan berbagai macam processor dengan harga yang beragam. Perusahaan Intel menawarkan sejumlah jenis prosesor seperti Intel Core i5, Intel Core i5 dan jenis lainnya.

 

Sedangkan AMD menghadirkan processor seri Phenom, FX dan lain sebagainya. Untuk memilih processor, kamu bisa mempertimbangkan budget yang kamu punya. Processor AMD umumnya dibanderol dengan harga lebih murah ketimbang Intel. Kalau budget kamu minim, pilih saja processor AMD dengan seri FX. Tapi jika kamu mempunyai dana yang mencukupi, maka processor Intel i7 bisa kamu pilih.

 

2. Pertimbangkan Prospek dan Generasi Processor

Sumber: pinterest.com

 

Jika kamu sering update tentang perkembangan teknologi, kamu mungkin tahu kalau prosesor memiliki generasi yang berbeda walau dengan tipe yang sama. Contohnya, prosesor Intel yang kini berada di angka generasi ke-10 serta mempersiapkan generasi selanjutnya. Perbedaan generasi jadi hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih prosesor untuk gaming. Karena prosesor dengan generasi yang lebih maju memiliki performa yang jauh lebih apik dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada pendahulunya dengan tipe yang sama.

 

Disinilah kamu juga perlu mempertimbangkan prospek prosesor yang dipilih buat beberapa tahun ke depan. Prosesor kekinian normalnya dapat dipakai sampai 4-5 tahun. So, ada baiknya pilih prosesor dengan generasi terbaru daripada memaksakan memilih prosesor dengan performa lebih baik, namun sudah uzur.

 

3. Tidak Terpaku pada Angka

Sumber: pinterest.com

 

Banyak gamer yang begitu terpaku pada angka yang ditampilkan saat memilih prosesor. ‘Angka’ ini maksudnya dapat dipilah ke banyak aspek. Misalnya, angka yang diutamakan adalah jumlah core pada prosesor atau kecepatan pemrosesan (GHz). Padahal, terlalu fokus dengan angka bisa jadi kesalahan besar saat memilih prosesor AMD Ryzen atau Intel untuk gaming. Semakin tingginya jumlah core atau GHz pada processor sebenarnya tidak selalu mutlak untuk prosesor agar performa nya makin baik ketimbang prosesor yang memiliki ‘angka’ lebih rendah.

Baca juga : 5 Pilihan Mobil Bekas Yang Tetap Asyik Dipakai Jalan-Jalan

 

4. Bandingkan CPU Benchmarks

Sumber: cpubenchmarks.net

Kalau kamu dihadapkan dengan berbagai pilihan, maka cara yang tepat buat membandingkannya adalah melalui komparasi benchmarks. Bagi yang tidak tahu, benchmarks adalah penilaian yang berdasarkan dari performa secara keseluruhan. Dimana kita akan tahu seberapa baiknya performa pada suatu prosesor dengan real dan bukan dari rating atau ulasan para konsumen.

 

Tadi sudah dijelaskan bahwa ‘angka’ di brosur prosesor bukanlah acuan. Aplikasi benchmarks nantinya dapat menilai seberapa baik dan mumpuninya performa prosesor tersebut. Nilai benchmarks dapat kamu peroleh lewat situs-situs yang uji performa hardware laptop atau PC, seperti cpubencmark.net.

 

5. Pilih Sesuai Kebutuhan

Sumber: pinterest.com

 

Performa pastinya jadi hal penting yang diperhatikan oleh para gamer saat memilih prosesor buat laptop gaming. Wajar saja sih kalau kamu memilih prosesor mahal dengan performa di atas rata-rata. Misalnya, kamu lebih terpacu meningkatkan performa dengan prosesor yang high-end saat membeli laptop/PC. Padahal, kamu juga perlu mempertimbangkan komponen lain di PC seperti layar, kartu grafis, sampai teknologi pendingin buat efisiensi performa.

 

Bakal lebih baik kalau kamu memilih processor yang setidaknya di atas rata-rata. Karena kamu juga dapat masih meningkatkan performa pada processor selama ada embel-embel kata ‘X’ atau ‘K’ dibelakangnya.  Jika disimpulkan, baik tidaknya performa processor memang tergantung dengan harganya. Semakin tingginya harga processor Intel atau AMD Ryzen 5, sudah dipastikan jika prosesor tersebut bisa memberikan kinerja yang maksimal. Tapi, jika kamu jeli saat memilih, kamu juga bisa menekan dana buat membeli laptop/PC gaming dengan nilai harga yang lebih rendah.

 

Demikian pembahasan tentang tips memilih processor buat gaming yang tepat. Semoga bermanfaat!