Selalu ada yang menarik saat kita membahas tentang konsep penataan rumah. Saat ini, konsep minimalis menjadi desain arsitektur yang tengah diminati. Konsep ini mengusung bangunan modern yang sederhana namun sedap dipandang.

Bagi kamu yang sedang merancang rumah minimalis, sebaiknya kamu mulai menuangkan ide ke dalam denah rumah minimalis yang kamu inginkan. Kamu pasti nggak mau kalau nanti nya rumah yang jadi impian kamu tidak sesuai dengan ekspektasi kan?

Denah Rumah Minimalis

Sebelum lebih lanjut, yuk kita bahas tentang denah rumah minimalis.

Membuat denah rumah memang bukan pekerjaan mudah, apalagi bagi kamu yang tidak punya latar belakang di dunia arsitektur. Tapi jangan khawatir, sekarang banyak kok referensi denah rumah minimalis yang bisa kamu dapatkan di internet.

Sebelum menuangkan konsep rumah minimalis idaman ke dalam denah, sebaiknya kamu mempelajari lahan atau bangunan yang akan kamu gunakan. Rumah minimalis mengutamakan desain bangunan yang simple dengan ornament kreatif yang unik. Rumah ini banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Nah, kamu sudah tahu kan kenapa rumah minimalis diminati?

Rumah minimalis cocok dibangun pada lahan yang tidak luas, sehingga memaksimalkan ruang yang ada pada sebuah lahan hunian. Di kota-kota besar seperti Jakarta, ketersediaan lahan sangat lah terbatas, sehingga rumah minimalis menjadi solusi untuk keterbatasan lahan tersebut.

Rumah tipe ini biasanya memiliki 2 sampai 3 kamar atau lebih. Walaupun dibangun di lahan sempit, rumah minimalis sangat mengutamakan pemanfaatan ruang, sehingga tidak ada ruang yang sia-sia. Maka dari itu, sebelum membangunnya, kamu perlu perencaan yang matang melalui denah rumah minimalis.

Keunggulan Rumah Minimalis

1. Sederhana dan Nyaman

Lupakan gaya arsitektur mewah dengan ornamen berlebihan. Rumah minimalis dibangun dengan konsep sederhana yang nyaman. Kamu bisa mengaplikasikan beragam kombinasi warna natural dan ornamen kayu klasik pada rumah minimalis.

2. Ekonomis

Karena dibangun pada lahan yang tidak terlalu besar, rumah minimalis tentunya lebih ekonomis. Selain itu, disainnya yang tidak rumit membuat biaya yang kamu keluarkan untuk merawat rumah lebih rendah.

3. Efektif dan Efisien

Ukurannya yang cukup kecil, membuat kamu tidak ingin menambahkan interior berlebihan. Padupadan dekorasi yang sederhana, serta membuat ruangan dalam rumah terkena lebih banyak sinar matahari dapat menghadikan nuansa asri yang ramah lingkungan.

Desain Denah Rumah Minimalis

Ada beragam desain denah rumah minimalis yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari yang memiliki 2 kamar, hingga yang bertingkat pun bisa kamu aplikasikan pada denah rumah minimalis mu. Seperti berikut:

1. Denah Rumah 2 Kamar

Denah Rumah Minimalis

Desain rumah ini banyak diminati oleh keluarga kecil, dan cocok bagi kamu yang baru menikah. Jika kamu ingin membuat rumah 2 kamar, rancanglah denah yang sederhana, praktis, dan ekonomis.

Buatlah pola atau grid tertentu yang bisa kamu gunakan untuk merenovasi rumah ketika kamu ingin menambah ruangan di kemudian hari. Rumah mungil 2 kamar lebih mudah di rawat, nyaman dan indah dipandang.

2. Denah Rumah Sederhana 6×12

Denah Rumah 6x12

Rumah ini merupakan tipe yang paling banyak dikembangkan oleh para developer perumahan. Kamu bisa mengaplikasikan desain ini jika memiliki lahan berukuran 6×12 meter. Desain yang tepat untuk rumah ini adalah tipe 45, yaitu bangunan yang mempunyai luas sekitar 45 meter persegi.

Desain rumah 6×14 sangat ideal untuk kamu yang tinggal di perkotaan, karena tidak terlalu sempit, namun tidak terlalu luas.

3. Denah Rumah 3 Kamar 2 Lantai

Rumah 3 Kamar

Semakin lama, anggota keluarga mu mungkin akan bertambah banyak. Saat itu, kamu perlu menambah jumlah kamar pada rumah mu. Kalau rumah kamu tidak memungkinkan untuk diperlebar, kamu bisa menambah kamar secara vertikal, artinya kamu menempatkan bangunan baru di atas rumah yang kamu tempati.

Maka dari itu, saat merancang rumah, kamu harus bisa merencanakannya secara matang, termasuk segala kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang.

4. Denah Rumah 3 Kamar 7×9

Denah Rumah Minimalis

Desain rumah ini bisa diterapkan jika kamu memiliki lahan yang lebih luas. Kamu bisa mengembangkan hunian mu menjadi 2 lantai. Desain ini masih memungkinkan jika kamu ingin memiliki sedikit lahan untuk taman kecil.

5. Menambah Teras Depan

Gambar Teras Rumah Tampak Depan

Nah, jika lahan yang kamu miliki tidak bisa digunakan untuk menambah halaman belakang, kamu bisa membuat teras depan menjadi lebih nyaman. Kamu bisa menambah kesan santai di teras depan menggunakan aplikasi panel lampu dan padu padan warna monokrom. Ini bisa membuat teras kecil mu terasa lebih lapang dan nyaman digunakan untuk minum teh atau kopi pada sore hari.

6. Denah Rumah 1 Kamar

Denah Rumah 1 Kamar

Untuk kamu yang sudah memiliki rumah dan tinggal sendiri, kamu juga bisa memiliki interior rumah idaman dengan terapkan denah rumah minimalis ini. Bermodalkan susunan area ruangan yang rapi dan terstruktur, hunian kamu akan terasa semakin nyaman.

Denah ini cocok untuk tipe rumah 36. Kamu bisa memilih untuk tambahkan area teras atau justru maksimalkan living room sesuai kenyamananmu.

7. Denah Rumah Modern 2 Kamar

Denah Rumah Modern

Modern itu bukan perkara furniture saja. Denah rumah tersebut juga bisa mencerminkan sisi modern di dalam hunian. Misalnya kamu bisa terapkan denah rumah 2 kamar seperti ini. Maksimalkan area living room yang cukup leluasa dengan tambahan furniture modern minimalis.

Di samping itu, kamu patut tambahkan sedikit area bersantai sebelum pintu masuk dengan lantai vinyl kayu untuk menambahkan kesan elegan.

8. Rumah Tapak 105 Meter Persegi

Rumah Luas Tanah 105 m2

Rumah jenis ini termasuk luas untuk ukuran rumah minimalis. Kamu bisa membuat tempat tinggal 2 lantai dengan tiga kamar atau 2 kamar. Kamu bahkan bisa membuat taman di bagian depan dan belakang rumah.

Sisa ruang lapang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bermain anak, atau tempat parkir kendaraan.

9. Rumah Sederhana dengan Kolam Renang

Denah Rumah dengan Kolam Minimalis

Siapa bilang rumah mungil tidak bisa memiliki kolam renang? Jika kamu lihai menyiasati lahan hunian, kamu bisa menambah kolam renang mini pada rumahmu. Ingat, kolam renang minimalis, bukan kolam renang standar.

Luas lahan minimal yang bisa digunakan untuk rumah ini adalah 150 meter persegi. Dengan lahan itu, kamu bahkan bisa membangun rumah 2 lantai, dan sebuah garasi atau carport. Rumah tipe ini sangat cocok bagi kamu yang mendambakan suasana kehangatan keluarga di rumah.

Kamu bisa bersantai sekaligus mengajak anak bermain di halaman belakang dan kolam renang. Sehingga anak-anak pun merasa betah tinggal di rumah.

Demikianlah beberapa ide yang bisa kamu terapkan pada denah rumah minimalis yang kamu rancang. Hunian yang nyaman tidak harus mewah, yang penting kamu bisa menyiasatinya secara tepat dan efisien. Hadirkanlah suasana natural yang sederhana pada hunianmu.

Desain rumah yang sederhana tidak termakan zaman dan akan bertahan lama. Memiliki rumah minimalis pun bisa menjadi investasi jangka panjang yang bisa kamu wariskan ke anak cucu kelak.