Upin Ipin kali ini diceritakan pula kisahnya di episode ketiga. Di episode ketiga ini cerita Upin dan Ipin dihiasi dengan judul NIkmat. JIka di bagian sebelumnya diceritakan Upin dan Ipin yang mulai mengenal sahur dan belajar puasa maka di serial kali ini si kembar diceritakan tentang berbuka.

Adegan ke-1

Pada serial ini adegan Upin dan Ipin diawali dengan adanya suasana saat mereka telah berbuka puasa. Memang seharian berpuasa yang dialami oleh kakak beradik kembar ini dipenuhi dengan banyaknya ujian yang tentunya harus dihadapi dengan penuh kesabaran. Pada saat berbuka puasa sudah tentu Upin dan Ipin menunggu waktu malam untuk bisa menikmati hidangan makan malam. Dan datanglah masa bagi si kembar untuk menikmati makanan hingga kenyang. Kekenyangan yang dirasakannya ini kemudian membuatnya tertidur bersama. Karena tertidur maka tentu saja kaka berasik kembar ini lupa dengan rencananya untuk tarawih di masjid.

Adegan ke-2

Kemudian adegan berlanjut ke suatu scene dengan setting rumah Opah. Suasana rumah Opah kali ini terlihat dari luar dan memperlihatkan pemandangan yang ada di sekitarnya. Sedangkan di dalam rumah ternyata kakak beradik kembar sedang tertidur di ruang tengah. Namun kemudian mereka terbangun karena mencium aroma makanan kesukaannya yaitu ayam goreng. Aroma makanan favorit ayam goreng ini tentu saja dapat membangunkan Upin dan Ipin dengan sangat mudah. Setelah bangun maka si kembar segera bergegas menghampiri meja makan agar dapat memakan dengan segera ayam goreng yang telah disajikan di meja makan. Namun sebelum mendapatkan ayam goreng tersebut rupanya Opah menyuruh si kembar untuk mandi terlebih dahulu.

Adegan ke-3

Setalah itu adegan berlanjut ke suasana sore hari di dalam rumah. Upin dan Ipin sedang menunggu adzan maghrib tepatnya dari siaran televisi yang dilihatnya di rumah. Setelah itu waktu berbuka pun tiba. Kemudian Upin dan Ipin serta Opah dan Kak Ros segera berkumpul di meja makan untuk segera berbuka puasa. Upin dan saudara kembarnya si Ipin yang merasa sangat lapar sampai lupa baca doa sebelum makan. Namun Opah tetap mengingatkannya untuk baca doa terlebih dahulu. Acara berbuka puasa dibuka dengan minum air terlebih dahulu barulah kemudian makan. Upin dan Ipin ternyata berpikir bahwa saat berbuka puasa itu merupkana hari waktu terakhir berpuasa. Namun Kak Ros memberikan penjelasan bahwa puasa dilakukan selama 1 bulan. Kemudian Upin dan Ipin serta Opah berencana untuk tarawih.

Adegan ke-4

Saat Opah hendak berangkat tarawih ternyata Upin dan Ipin tertidur. Alhasil si kembar ini tidak ikut Opah berangkat sembahyang tarawih. Maka akhirnya Opah berangkat tarawih sendirian saja. Adegan ini menjadi adegan yang mengakhiri episode ketiga. Disini bisa dilihat bahwa Upin dan Ipin yang menggemaskan selalu mudah tertidur. Sampai-sampai mereka berdua tidak jadi sembayang tarawih bersama Opah karena tertidur pulas. Namun tidur sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan tepat agar dapat menahan segala godaan yang bisa saja datang dengan tiba-tiba.

Upin Ipin di serial ketiga ini juga mengandung pesan yang berarti. Seperti misalnya pesan untuk selalu membaca doa waktu berbuka puasa. Di samping itu sebaiknya kita selalu mengucap syukur atas segala nikmat yang telah kita terima. Selain itu kita juga harus selalu tahan pada semua godaan yang datang pada saat puasa.