Perkembangan zaman semakin pesat. Hal tersebut ditunjukkan dengan pesatnya kemajuan teknologi serta kebutuhan manusia yang terus berkembang. Kini, pendidikan menjadi faktor penting yang wajib hukumnya. Bahkan, pemerintah juga sudah mewajibkan sekolah 12 tahun. Berbeda dengan zaman dulu dimana sekolah adalah pilihan, zaman sekarang sekolah adalah keharusan. Oleh karena itu, orang tua juga harus memikirkan biaya pendidikan anak. Masalahnya, biaya pendidikan tidkalah sedikit. Ditambah lagi banyak sekolah yang memasang tarif mahal dengan fasilitas memadai. Banyak orang melihat semakin tinggi biaya pendidikan, semakin bagus fasilitas yang didapat. Pemikiran tersebut tidak salah namun menjadi beban orang tua karena pastilah orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya. Dari hal tersebut, munculah istilah tabungan pendidikan. Tabungan pendidikan bertujuan untuk memudahkan orang tua menabung guna memenuhi pendidikan anaknya. Selain tabungan pendidikan, dikenal juga istilah asuransi pendidikan. Kedua hal tersebut tidaklah sama namun sering diasumsikan sebagai hal yang sama. Salah satu asuransi yang terpercaya adalah axa mandiri. Sayangnya, banyak orang yang melabeli Axa Mandiri Penipu. Sebutan tersebut sama sekali tidak benar karena banyak keuntungan yang bisa diambil dari program tersebut. Jika anda belum tahu perbedaan antara asuransi dan tabungan pendidikan, simak artikelnya sampai habis.

  1. Pengertian singkat

Asuransi merupakan jenis perlindungan guna mengatasi resiko finansial yang disebabkan oleh naiknya biaya pendidikan. Biasanya, asuransi axa mandiri dilengkapi bersama dengan investasi. Sedangkan tabungan pendidikan adalah tabungan dengan jangka waktu tertentu, memiliki bunga, dan dapat dicairkan setelah melewati batas periode yang disepakati.

  1. Fokus

Asuransi berfokus pada investasi jangka panjang. Hal ini menyebabkan jangka setor asuransi biasanya lebih panjang dibanding dengan tabungan. Sebaliknya, tabungan fokusnya untuk jangka pendek. Oleh karena itu, jangka waktu persetujuan biasanya juga lebih pendek dibandingkan asuransi.

  1. Bunga

Ada asuransi yang mengalokasikan dananya untuk investasi. Karena itu umumnya asuransi bisa memberi keuntungan jika investasinya berhasil. Sedangkan tabungan pendidikan mendapat bunga sebesar tiga sampai enam persen per tahun.

  1. Fitur perlindungan

Asuransi memiliki fitur perlindungan jika peserta meninggal atau cacat seumur hidup maka biaya iuran akan dibayar perusahaan. Selain itu ahli warisnya juga mendapat uang penanggungan. Untuk tabungan pendidikan terdapat juga asuransi akan tetapi nilainya tidak besar dan biasanya disebut dengan uang santunan.

  1. Keamanan

Asuransi pendidikan berdiri sendiri sehingga tidak termasuk ke dalam produk perbankan. Oleh karena itu asuransi bisa disebut high risk. Resiko yang terjadi tidak dijamin bank karena bank hanyalah agen penjual. Sebaliknya, tabungan pendidikan adalah bagian dari produk bank. Dana yang masuk dalam tabungan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga jika bank bangkrut dana yang ditabung masih aman.

Dari penjelasan di atas sudah jelas sekali perbedaan antara asuransi dan tabungan pendidikan. Kini anda tidak perlu bingung lagi. Jika anda memiliki uang lebih, mungkin asuransi lebih cocok untuk anda. Sebaliknya, jika kondisi finansial anda pas-pasan. Sebaiknya anda memilih tabungan pendidikan saja karena resikonya lebih kecil. Orang-orang yang berkata bahwa Axa Mandiri Penipu kemungkinan besar tidak tahu perbedaan antara asuransi dan tabungan pendidikan. Padahal, banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan berbagung program tersebut. Beberapa diantaranya adalah anak lebih terjamin biaya pendidikan, mendatangkan keuntunga, dana bisa ditarik, dan banyak program yang bisa dipilih sesuai dengan keadaan anda.