Dalam membuat surat lamaran kerja, tidak hanya contoh surat lamaran kerja yang menjadi poin penting. Ada hal lain yang perlu diperhatikan, apa saja hal tersebut?

 

Apakah anda pernah mendengar tentang surat lamaran kerja? ya benar, surat lamaran kerja dibuat oleh pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pelamar membuatnya dengan bahasa baku tanpa terlalu panjang. Namun untuk seorang pemula, sebuah surat lamaran kerja dengan bahasa baku sulit untuk dibuat. Di sinilah, sebuah contoh surat lamaran kerja  dibutuhkan, untuk dijadikan bahan ajar. Karena ternyata, surat lamaran kerja dimanfaatkan pula sebagai metode seleksi.

 

Saat membicarakan contoh, sangat identik dengan pembicaraan cara membuat surat lamaran kerja. anda perlu memahami bagian-bagian penting dalam surat lamaran tersebut. Hal ini penting, untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat dalam proses pembuatan. Namun kini, apa saja bagian-bagian yang dimaksud? Cari tahu jawabannya dengan membaca ulasan pada bagian yang berikutnya.

 

5 Bagian Penting dalam Surat Lamaran Kerja

 

Dalam surat lamaran setidaknya ada beberapa bagian yang harus diperhatikan secara seksama. Setiap bagian ini perlu diperhatikan, agar menambah peluang lolos ke tahapan selanjutnya.

 

  1. Peletakan Tanggal

Penempatan tanggal dan tempat pembuatan surat kerap diletakkan secara asal. Sebenarnya penempatan tanggal adalah di bagian pojok kanan atas. Hal ini serupa seperti pembuatan surat resmi lainnya. Jangan lupa masukkan pula tempat di mana surat dibuat.

 

  1. Lampiran

Bagian berikutnya adalah bagian lampiran dan perihal. Bagian lampiran akan dituliskan sesuai dengan jumlah berkas yang harus dimasukkan, sesuai syarat. Kemudian bagian perihal dapat dituliskan bahwa surat merupakan surat lamaran kerja. Untuk lebih amannya, anda dapat memperhatikan contoh yang akan disampaikan pada bagian berikutnya.

 

  1. Alamat Surat

Bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian alamat surat. Pada bagian alamat, jangan menuliskan “kepada” penulisan ini dinilai tidak formal. Kemudian, jangan gunakan gender pada alamat surat. Tuliskan saja siapa nama pimpinan dari perusahaan tersebut lengkap dengan jabatan pimpinan. Tidak perlu lengkap atau sampai menuliskan gelar dari pimpinan.

 

  1. Tanda Baca

Penggunaan tanda baca kerap dilakukan secara sembarangan. Pada bagian alamat surat jangan gunakan tanda baca seperti titik ataupun koma. Kesalahan yang banyak terjadi contohnya pada bagian “YTH” jangan gunakan titik, biarkan kalimat mengalir tanpa tanda baca. Satu yang perlu diingat, bahwa penulisan alamat tidak boleh lebih dari tiga baris.

 

  1. Penutup

Terakhir, bagian penutup akan disampaikan ucapan terima kasih pada pembaca. Namun pada bagian ini buatlah kesan tersendiri. Manfaatkanlah kalimat yang berbeda dari yang orang lain buat, sehingga pembaca tertarik untuk mengenal anda lebih dalam.

 

Setiap bagian ini adalah bagian penting. Setelah memahami penjelasan tersebut, kini waktunya untuk menerapkan berbagai penjelasan dalam surat yang akan dibuat.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan

 

Anda akan membuat surat lamaran pada perusahaan? Ikutilah contoh ini sebagai referensi dalam membuatnya,

 

Nganjuk, 11 Oktober 2016

Yth

Pimpinan Personalia PT Maju Bersama

Di

Surabaya

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama                                    : Rinolus Primus

Tempat Tanggal Lahir     : Jakarta, 16 Mei 1987

Jenis Kelamin                     : Laki-Laki

Status                                   : Belum Menikah

Agama                                  : Kristen Katolik

Pendidikan Terakhir        : S1 Hubungan Internasional

Alamat                                  : Jalan Madura No. 33, Ngajuk, Jawa Timur

Nomor Telepon                                : 081523649

 

Dengan ini menyampaikan surat permohonan kepada bapak/ibu pimpinan, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di perusahaan bapak/ibu, dengan jabatan sebagai staf hubungan masyarakat.

 

Sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu, saya lampirkan:

 

  1. Surat Keterangan Kelakuan Baik
  2. Surat Keterangan Sehat
  3. Fotokopi Ijazah terakhir
  4. Fotokopi transkrip
  5. Pas foto ukuran 4×6 (4 lembar)
  6. Fotokopi kartu pencari kerja atau kartu kuning
  7. Fotokopi KTP

 

Demikian permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan, besar harapan saya bahwa bapak/ibu dapat mempertimbangkannya. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 

Rinolus Primus

 

Setelah membaca poin-poin di atas, kiranya anda dapat membuat surat lamaran kerja yang berkualitas. Namun jangan lupakan contoh surat lamaran kerja di atas dan jadikan sebagai pembanding dari surat yang dibuat. Semakin banyak berlatih dan mencoba, maka semakin baik hasil surat yang dibuat.