Daging ayam termasuk salah satu makanan kesukaan anak-anak. Di balik rasanya yang gurih dan lezat, ternyata manfaat daging ayam pun cukup beragam lho, Mums. Manfaat ini muncul berkat kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging ayam.

Perlu Mums ketahui, daging ayam mengandung sejumlah nutrisi yang mencakup protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin B9 (asam folat), vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, natrium, magnesium, fosfor, zinc, selenium, dan tembaga. Melihat banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika manfaat daging ayam pun sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

1. Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Si Kecil

Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein berada di urutan pertama sebagai zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, mengangkut zat gizi, dan penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Manfaat ini bisa Mums dapatkan dalam daging ayam.

2. Mendukung Metabolisme Tubuh

Manfaat daging ayam juga dapat mendukung metabolisme tubuh karena mengandung berbagai vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang berperan penting adalah vitamin B6. Vitamin B6 bertugas untuk mendorong enzim dan proses metabolisme yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam meningkatkan fungsi dan perkembangan saraf otak, memproduksi beberapa jenis hormon, serta membantu tubuh membentuk antibodi untuk mencegah terjadinya infeksi dari virus atau bakteri.

3. Membantu Pembentukan Otot

Manfaat daging ayam selanjutnya yaitu dapat membantu memaksimalkan pembentukan otot, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dalam masa pertumbuhannya, otot si Kecil sedang dalam proses pembentukan, sehingga mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging ayam otomatis akan membentuk ototnya menjadi lebih kuat. Sedangkan, manfaat daging ayam untuk orang dewasa diperlukan bagi mereka yang sedang dalam proses diet sehat dan membentuk otot lebih baik.

4. Mengontrol Berat Badan

Manfaat daging ayam yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat mengontrol berat badan. Manfaat ini bisa si Kecil dapatkan berkat kandungan protein di dalam daging ayam yang memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, si kecil tidak mudah lapar di luar jam makan utamanya. Supaya berat badannya dapat terkontrol lebih baik, Mums bisa memilih dada ayam karena mengandung protein yang tinggi dan sedikit lemak. Namun, perlu Mums ingat bahwa proses memasak pun akan memengaruhi kandungan kalori di dalam daging ayam yang akan dikonsumsi si Kecil.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry membuktikan bahwa mengonsumsi daging ayam dengan pengolahan yang tepat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, daging ayam mengandung vitamin B3 yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, Mums perlu mengolahnya dengan tepat dan sehat agar mendapat manfaat daging ayam yang lebih optimal.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain mengandung protein, manfaat daging ayam juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena adanya kandungan kalsium, vitamin D, kalium, dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Kehadiran magnesium dapat membantu vitamin D untuk mengontrol kebutuhan fosfat dan kalsium yang berfungsi untuk membentuk dan menguatkan tulang. Fosfat merupakan partikel yang mengandung mineral fosfor, mineral inilah dibutuhkan untuk tulang, gigi, otot, dan saraf dalam tubuh. Fosfor juga berperan untuk memperkuat dan menyehatkan gigi anak yang masih belum tumbuh sempurna atau rawan rapuh.

Itu tadi manfaat dari daging ayam untuk buah hati, selalu ingat untuk memberikan daging ayam segar yang berkualitas untuk Anak ya Mums. Jika repot, Kamu dapat membelinya di TaniHub sebagai tempat belanja buah dan sayur online terbaik saat ini. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store. Mudah bukan?

Tak hanya mudah, Mums! belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub Mums