Pandemi membawa dampak luar biasa di berbagai sisi kehidupan manusia. Kondisi tersebut juga menyebabkan kondisi perekonomian global mengalami penurunan, akibatnya daya beli masyarakat terhadap smartphone melemah. Menurut data hasil riset dari Quest Mobile terdapat lima ponsel dari beberapa vendor yang paling laris di pasaran sepanjang kuartal IV tahun 2020, tepatnya dari bulan Oktober hingga Desember, yakni meliputi:

1. Oppo A32

Posisi pertama dengan angka penjualan paling tinggi ditempati oleh Oppo A32. Vendor smartphone asal Tiongkok berhasil menjual produknya hingga mencapai 9,04 juta unit. Ponsel entry level ini menjadi salah satu produk yang banyak diburu. Pasalnya, spesifikasinya cukup lengkap dan harganya terbilang relatif lebih murah. Terlebih smartphone tersebut menawarkan kapasitas baterai besar.

2. iPhone 12

Angka penjualan smartphone mewah besutan Apple terbilang cukup fantastik, bahkan melampaui pendahulunya. Ponsel ini laku terjual sebanyak 6,18 juta unit di akhir tahun 2020. Jumlah tersebut diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga 2021. Desain baru yang ditawarkan oleh iPhone 12 ini berhasil menjadi magnet dan memikat banyak orang.

3. Vivo X30 Pro

Vivo berhasil menyusul keberhasilan para kompetitornya. Hal ini terlihat dari angka penjualan smartphone seri X30 Pro besutannya mencapai 5,6 juta unit. Tentunya pencapaian ini bukan tanpa alasan. Berbekal chipset tangguh tipe Exynos 980 performa smartphone ini tidak perlu diragukan lagi. Ponsel tersebut juga semakin menarik dengan kehadiran satu kamera tambahan didukung dengan 60x digital zoom.

4. Huawei Mate 40 Pro

Huawei dengan seri terbarunya yakni Mate 40 Pro berhasil masuk dalam deretan HP terlaris di akhir tahun 2020. Tanpa disangka-sangka ponsel tersebut laku terjual hingga 4,51 juta unit. Sama seperti smartphone dari vendor lainnya, ponsel ini menawarkan spesifikasi yang cukup ganas. Kinerja handphone generasi terbaru tersebut juga semakin mumpuni karena telah dibekali dengan Kirin 9000.

5. Samsung Galaxy A42 5G

Galaxy A42 menjadi Hp paling laris di posisi ke lima. Pencapaian ini tidak lepas dari teknologi 5G yang ditawarkan oleh seri terbaru dari Samsung, meskipun jaringan tersebut belum bisa digunakan di Indonesia. Performa smartphone entry level ini cukup kencang dengan sokongan dapur pacu tipe Qualcomm Snapdragon 750G yang dikombinasikan bersama Qualcomm Kryo 570.
Itulah sederet Hp paling laris di pasaran. Semoga dengan ulasan singkat mengenai daftar penjualan smartphone kuartal IV tahun 2020 dapat dijadikan referensi. Terutama bagi pihak-pihak tertentu yang memiliki kepentingan atau masyarakat yang membutuhkan rekomendasi ponsel dengan jumlah peminat terbanyak.