Penyakit rematik atau biasa disebut Rheumatoid Arthritis (RA) biasanya ditandai dengan mengalami kaku pada sendi di pergelangan tangan, lutut, atau tangan terutama pada pagi hari.

Laman Healthline menyebutkan, kekakuan dan peradangan sendi ini disertai dengan rasa nyeri, panas, dan biasanya disertai dengan pembengkakan pada bagian yang terkena.

Berikut ini ada beberapa cara dan obat alami rematik alami yang bisa digunakan untuk meredakan peradangan serta meredakan gejala rematik:

1. Istirahat dan relaksasi

Tidur yang cukup adalah penting bagi semua orang, tetapi sangat penting bagi penderita rematik. Cobalah tidur setidaknya delapan jam setiap malam dan usahakan bisa tidur siang beberapa saat, karena cara ini bisa membantu meredakan gejala rematik.

Jika merasa tidak bisa tidur karena sering merasa kelelahan atau stres, lakukan relaksasi dengan melakukan latihan pernapasan dan latihan relaksasi otot untuk membantu pikiran jadi lebih rileks.

Hipnosis, meditasi, dan pijatan juga dapat membantu meredakan stres dan ketegangan pada sendi.

2. Yoga

Yoga adalah campuran latihan yang berdampak rendah dalam mengolah pernapasan dan meditasi. Yoga dikembangkan di India sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Menurut WebMD melakukan yoga baik untuk tubuh dan pikiran.

Selain itu yoga juga dapat meredakan nyeri persendian, meningkatkan fleksibilitas, serta menghilangkan stres dan ketegangan.

3. Olahraga

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk melawan kelelahan, memperkuat otot, dan meningkatkan jangkauan gerak sendi. Peregangan ringan seperti berjalan kaki, berenang, atau aerobik air biasanya merupakan pilihan yang berdampak rendah dan baik.

Hindari olahraga yang berdampak tinggi dan usahakan santai ketika persendian dirasa lemah atau sedang mengalami radang parah.

4. Tai Chi

Tai chi adalah seni bela diri Tiongkok yang menggabungkan gerakan lambat, lembut dengan kesadaran dan pernapasan dalam. Cara ini akan melatih pikiran, tubuh, dan roh. Sebuah studi menunjukkan bahwa tai chi dapat meningkatkan fungsi pada tubuh dan dapat meredakan rematik.

Pastikan mengambil pelajaran tai chi dari instruktur berpengalaman, dan jangan melakukan gerakan yang membuat rasa sakit menjadi lebih buruk.

5. Minyak ikan

Beberapa penelitian melaporkan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan akibat rematik atau RA.

Minyak ikan dari salmon, mackerel, tuna, cod, dan herring mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Asam-asam ini membantu memerangi peradangan dengan menghalangi reseptor peradangan.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan suplemen minyak ikan ke dalam menu harian, karena minyak ikan terkadang dapat meningkatkan kemungkinan memar atau pendarahan. Beberapa orang juga mengeluh mual, sendawa, dan rasa amis di mulut mereka.

6. Yogurt dan acar

Makanan seperti yogurt dan acar adalah sumber makanan yang kaya probiotik alami dan dapat meringankan gejala peradangan pada sendri.

7. Minyak nabati

Situs Healthline menyebutkan, beberapa minyak nabati dianggap dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan pagi hari karena penyakit rematik.

Dalam minyak nabati mengandung asam lemak esensial yang disebut asam gamma-linolenat dan dapat memberikan sedikit kelegaan.

8. Kompres es dan mandi air hangat

Kompres es pada sendi yang meradang juga bisa membantu meringankan pembengkakan, membantu menghilangkan rasa sakit dan merelaksasikan kejang otot.

Jika masih mengalami otot-otot yang tegang dan sakit, mandi air hangat biasanya juga dapat menenangkan sendi. Bisa juga menggunakan handuk panas, bantal pemanas, atau paket panas lainnya untuk membantu mengendurkan otot yang tegang dan mengurangi rasa sakit dan kekakuan.

9. Kemenyan India

Dilansir dari Medical News Today, kemenyan India atau boswellia serrata juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan dapat membantu meringankan gejala RA atau rematik.

10. Kunyit

Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dan kurkumin dapat mencegah dan memerangi peradangan pada sendi.

Namun, tetap berhati-hati jika menggunakan suplemen yang mengandung kunyit. Orang yang menggunakan pengencer darah seperti warfarin, harus menghindari kunyit.