Hati-hati sedang musim hujan nih, rentan terkena berbagai macam penyakit. Pasti tidak ingin kan aktivitas sehari-hari terganggu akibat kondisi tubuh yang kurang bersahabat? Jangan bingung jangan gundah! Jaga daya tahan tubuh dengan 10 bahan alami ini yang mudah banget ditemukan di rumah, supermarket atau pasar. Tidak perlu

1. Yogurt

person pours milk into glass

Kandungan bakteri baik pada Yakult dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Bakteri lactobacillus casei shirotastrain dapat membantu melawan bakteri jahat atau virus sebelum menginfeksi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu mengonsumsi yoghurt rendah lemak setiap pagi, maka daya tahan tubuh dari virus influenza meningkat hingga 25 persen. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt dapat mencegah virus yang menyerang ketika tubuh sakit.

2. Strawberry

three red strawberries

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C. Tahukah kamu bahwa menjaga kekebalan tubuh dan juga melawan berbagai macam jenis penyakit. Manfaat buah strawberry yang satu ini cocok sekali sebagai alternatif menjaga kekebalan tubuh alih-alih mengkonsumsi obat-obatan. Oh iya, buah strawberry pun mengandung antioksidan yang bekerja cepat dan tepat banget untuk menjaga sistem imun tubuh di tengah cuaca yang sedang tak menentu begini.

3. Jahe

person holding white bowl with sliced lime and ginger inside

Salah satu bahan herbal seperti jahe cocok untuk menjaga daya tahan tubuh lho! Bahkan, banyak sekali khasiat jahe untuk tubuh. Menurut penelitian tahun 2011, mengoleskan cairan atau gel jahe di bawah lidah dapat mengurangi sakit kepala. Aroma dari jahe dapat membuat kamu lebih tenang dan rileks. Nah, kamu bisa menyeduh jahe yang sudah digeprek dengan air panas atau mencampurkannya dengan teh hangat. Niscaya, setelah kamu minum larutan tersebut, tubuh akan semakin terasa segar. Kamu juga bisa menghirup uap dari larutan tersebut untuk memberi efek tenang.

4. Kunyit

wooden ladle and chopping board with ginger during daytime

Kunyit memiliki kandungan antioksidan, anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur, lengkap deh pokoknya untuk memerangi bakteri dan virus jahat dalam tubuh penyebab demam. Kandungan antibiotiknya pun bagus untuk perangi bakteri. Pertama-tama, potong kunyit menjadi kecil-kecil (kurang lebih dalam ukuran ½ sendok teh). Lalu, siapkan 1 sendok teh lada hitam dan susu. Rebus bersama bahan-bahan tersebut. Dianjurkan minum larutan kunyit ini 2 kali sehari untuk turunkan demam.

5. Bawang Merah

onion lot

Bawang merah cocok dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan sudah terkenal khasiatnya untuk menurunkan suhu tubuh. Mengapa demikian? Bawang merah yang ditumbuk halus lalu dioleskan ke kulit, dapat melebarkan pembuluh darah sehingga terhindar penyakit demam yang mendera. Tubuh akan selalu fit! Cara meracik bawang merah menjadi obat demam alami adalah pertama, tumbuk sampai halus. Kemudian, campurkan dengan minyak telon, lalu aduk. Balurkan ke kulit. Namun perlu diingat, akan ada aroma bawang merah yang mungkin bagi sebagian orang dirasa kurang nyaman.

6. Perasan Jeruk Dan Kayu Manis

sliced lemons beside green leavesKhasiat kayu manis dan air jeruk untuk menjaga daya tahan tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Air jeruk dan kayu manis tentunya mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk mengembalikan kekebalan tubuh dan mengatasi bakteri serta virus jahat penyebab tubuh kurang vit. Sementara, kayu manis merupakan antibiotik alami. Bumbu yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh ini dapat meredakan batuk pilek yang biasanya disertai demam dengan efektif, lho. Siapkan 1 sendok teh kayu manis. Kemudian, peras jeruk lalu rebus airnya. Campurkan air jeruk rebus dan kayu manis, lalu aduk.

7. Cuka Apel

Kamu bisa mengkonsumsi cuka apel di malam hari lho agar kadar gula darah di tubuhmu lebih terkontrol dan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Konsumsi cuka apel dapat memperlambat respon insulin yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jika proses penurunan gula darah berlangsung cepat dan tiba-tiba, hal itu akan membuatmu merasa lapar. Nah, jadi cuka apel dapat bekerja dengan memperlambat pemecahan karbohidrat, sehingga kadar gula darah akan lebih stabil.

8. Buah Plum

bunch of round red fruit

Buah plum memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun dari berbagai ancaman berbagai penyakit, virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Zat di dalam buah plum mengandung molekul seperti lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, atau penyakit flu. Cocok untuk musim hujan seperti ini agar terhindar dari drop yang tidak diinginkan.

9. Lemon Dan Madu

person holding honey ladle

Kalau kamu rutin minum campuran air putih hangat, lemon, dan madu di pagi hari saat perut kosong selama 7 hari, kamu akan merasakan manfaatnya, lho! Kandungan lemon dan madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan untuk kesehatan kulit. Bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan imunitas, dan mengusir flu. Campuran lemon dan madu berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Minuman ini dapat menjaga organ hati tetap bersih dari racun-racun serta menjaga fungsi hati untuk tetap memproduksi protein dan mempertahankan proses pencernaan. Jadi, kamu bisa menjadikan minuman ini sebagai rutinitasmu di pagi hari ya!

10. Pisang

Olahraga menjadi salah satu proses detoksifikasi alami karena membersihkan paru-paru, dan membersihkan kulit saat kita berkeringat. Olahraga juga meningkatkan aliran darah, meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik dan memompa sel darah putih ke seluruh tubuh untuk membantu organ tubuh membersihkan diri secara efektif. Pisang memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin hingga bermanfaat untuk memberikan stamina dan menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit!