Menghindari Serangan Pemulihan Pasca Stroke dengan Mengenali Tanda Penyakitnya Berikut!

 

Ketika Anda terserang stroke maka ada banyak hal yang akan dirasakan. Seperti akan kehilangan sebagian bahkan semua kemampuan yang dipunyai. Hal tersebut tergantung dari seberapa parah kondisi serangan yang terjadi. Dimana serangan stroke tersebut akan membuat kelumpuhan sehingga tidak bisa bergerak, tidak bisa berkomunikasi seperti biasa, kehilangan ingatan yang penting, dan juga berbagai hal lainnya. Kondisi tersebut tentunya akan membuat Anda susah dan tidak bisa untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itulah perlu mendapatkan pemulihan pasca stroke yang dapat dilakukan dengan fisioterapi, terapi psikis, terapi untuk komunikasi, dan juga berbagai jenis terapi lainnya.

 

Berbagai jenis terapi tersebut akan membutuhkan waktu yang lama. Bahkan juga kondisi pasien akan susah untuk kembali seperti semula. Oleh karena itulah untuk menghindari berbagai hal tersebut akan lebih baik untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu. Seperti salah satu yang dapat dilakukan adalah mengetahui tanda-tanda stroke yang dapat dikenali. Hal ini akan membuat Anda untuk dapat melakukan pencegahan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Adapun untuk berbagai tanda-tanda stroke yang perlu dikenali adalah:

 

  1. Mati rasa

Tanda pertama yang dapat dikenali adalah tiba-tiba mati rasa. Hal ini tentu saja merupakan hal yang sering dialami dan bisa menandakan beberapa penyakit. Akan tetapi apabila tiba-tiba mati rasa yang serius maka perlu untuk diperhatikan lebih lanjut karena bisa menjadi tanda stroke. Apabila Anda mengalami mati rasa sering maka bisa untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan yang dipunyai. Terutama apabila Anda mengalami hal seperti tangan yang jatuh ketika diangkat tanpa digerakkan. Selain itu bagi yang tersenyum akan tetapi kemudian salah satu sudut bibir menurun sendiri maka juga perlu untuk waspada. Dimana hal tersebut juga bisa menjadi tanda dan gejala stroke.

 

  1. Gangguan penglihatan

Hal selanjutnya yang bisa dikenali dengan tanda atau gejala stroke adalah mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini akan muncul secara tiba-tiba dan juga tidak mempunyai peringatan. Seperti misalnya ketika Anda mengalami gangguan pandangan mata yang berbayang. Hal ini akan bisa dirasakan pada salah satu atau kedua bola mata. Sehingga akan lebih baik untuk memeriksakan kondisi ini semenjak dini. Karena apabila tidak segera diatasi dengan baik maka dapat untuk mengalami kebutaan permanen yang dapat dialami pasien stroke.

 

  1. Gangguan berbicara

Ketika mengalami serangan stroke nantinya juga akan membuat Anda mengalami gangguan berbicara. Sehingga perlu untuk mendapatkan pemulihan dengan melatih berbicara atau juga menggunakan cara khusus agar dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain. Tanda yang dapat dikenal sebagai tanda stroke juga ketika mengalami gangguan berbicara atau sulit untuk memahami ucapan orang lain. Sehingga ketika Anda mengalami susah berbicara dan tidak bisa untuk mengeja kata dengan benar bisa untuk melakukan pencegahan agar kondisinya tidak bertambah parah.

 

  1. Kesulitan berjalan hingga kehilangan kesadaran diri

Tanda terakhir yang bisa diperhatikan dari gejala stroke ringan yang perlu diperhatikan adalah ketika mengalami kesulitan berjalan. Dimana pasien akan susah untuk mengatur koordinasi tubuh sehingga bisa kehilangan keseimbangan. Apabila hal tersebut terjadi secara intens maka bisa menjadi tanda dari gejala stroke. Bahkan apabila juga sering kehilangan kesadaran diri karena sakit kepala. Sehingga apabila mengalami hal tersebut perlu untuk ditangani dengan segera untuk menghindari pemulihan pasca stroke yang membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya.